Jumat, 30 Desember 2016

RPP PPL 1 Kelas IV2 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 (fIx)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tematik

Sekolah                 : SD N Gembongan
Kelas/Semester     :  IV/1
Tema                     :  1 Indahnya Kebersamaan
Sub Tema             :  1 Keberagaman Budaya Bangsaku
Alokasi waktu      :  1 x Pertemuan

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1   Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1    Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Matematika
3.8    Menjalankan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
4.8    Mengidentifikasi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
PPKn
3.4   Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4  Berkerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial dan budaya di Indonesia yang terikat peraturan dan kesatuan.

C.    Indikator
Bahasa Indonesia
3.1.1   Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca.
4.1.1    Menyusun gagasan pokok dan gagasan pendukung dari tek yang dibaca menjadi kerangka tulisan.
Matematika
3.8.2   Menyebutkan contoh segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan di lingkungan
4.8.2    Menunjuk perbedaan segi banyak beraturan dan tidak beraturan
PPKn
3.4.2    Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
4.4.2    Menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah siswa melakukan pengamatan, siswa mampu memberikan contoh segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan dengan benar.
2.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu menunjukkan perbedaan segi banyak beraturan dan tidak beraturan dengan benar.
3.      Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca dengan terstruktur.
4.      Setelah membaca teks, siswa mampu menyusun gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca menjadi kerngka tulisan dengan sistematis.
5.      Setelah melakukan demonstrasi, siswa mampu menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.
6.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan dengan benar.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Segi banyak beraturan dan tidak beraturan
2.      Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung
3.      Sikap persatuan dan kesatuan

F.     Pendekatan, Model, Metode
Pendekatan : Saintific, Student Center
Model         : Cooperative learning (Kelompok Berpasangan), PAKEM
Metode        : Diskusi kelompok, penugasan, tanya jawab, ceramah, dan Example non Example.

G.    Langkah-langakah Pembelajaran
Kegiatan awal
a.       Guru membuka dengan salam dan doa.
b.      Guru melakukan presensi.
c.       Guru menanyakan persiapan siswa.
d.      Guru melakukan apersepsi berkaitan dengan materi pembelajaran.
Apersepsi di lakukan dengan menceritakan kain batik yang dimiliki guru.
e.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

15 menit
Kegiatan inti
Kegiatan 1
a.       Mengamati
1.      Guru menunjukkan beberapa gambar tentang kain tradisional.
2.      Guru mengajak siswa untuk mengamati  bentuk bangun segi banyak beraturan dan tidak beraturan yang terdapat dalam gambar kain tradisional.
b.      Menanya
1.      Guru mengajak siswa untuk bertanya jawab tentang segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
c.       Mencari informasi
1.      Guru membagi siswa dalam kelompok berpasangan.
2.      Guru membagikan kertas lipat berbentuk segitika sama sisi dan segitiga sembarang.
3.      Guru meminta siswa untuk mengidentifikasikan bentuk segi banyak beraturan dan tidak beraturan .
4.      Guru meminta siswa untuk menentukan besar sudut dengan cara memotong dan menempelkaannya di bagian sudut yang lain.
d.      Menalar
1.      Guru meminta siswa untuk menuliskan hasil identifikasi siswa dalam kolom yang telah disediakan.
e.       Mengkomunikasikan
1.      Guru meminta siswa untuk menyimpulkan mana segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
2.      Guru meminta siswa untuk mengelompokkan segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
Kegiatan 2
f.       Mengamati
1.      Guru dibantu siswa membagikan soal latihan.
2.      Guru meminta siswa untuk mengamati setiap gambar bagun segi banyak yang terdapat dalam soal.
g.      Menanya
1.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang tidak dipahami.
h.      Mencari informasi
1.      Guru meminta siswa mengerjakan soal yang telah diberikan dengan cara mengelompokkan setiap bangun segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
i.        Menalar
1.      Guru meminta siswa menggambar desain batik yang tersususn dari bangun segi banyak.
j.        Mengkomunikasikan
1.      Guru meminta salah siswa untuk mendiskusikan hasil kerja bersama teman sebangku.
2.      Guru meminta siswa untuk mengumpulkan hasil jawaban soal latihan.
Kegiatan 3
k.      Mengamati
1.      Guru membagi anak dalam kelompok berpasangan.
2.      Guru membagikan lembar teks deskripsi tetang tari kipas pakarena.
3.      Guru menjelaskan tujuan memberikan teks deskripsi tentang tari kipas pakarena.
l.        Menanya
1.      Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang kurang dimengerti.
m.    Mencari informasi
1.      Guru meminta siswa untuk membaca teks deskripsi yang diberikan.
2.      Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi gagasan utama dan gagasan pendukung dalam setiap paragraf
n.      Menalar
1.      Guru meminta siswa untuk menuliskan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf
o.      Mengkomunikasikan
1.      Guru meminta perwakilan salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi.
Kegiatan 4
p.      Mengamati
1.      Guru meminta siswa untuk memperhatikan ketika guru mendesmonstrasikan makna dari persatuan dan kesatuan.
q.      Menanya
1.      Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang persatuan dan kesatuan.
r.        Mencari informasi
1.      Guru membagi siswa dalam kelompok berpasangan.
2.      Guru meminta siswa untuk mendiskusikan contoh sikap persatuan dan kesatuan yang terdapat dilingkungan sekitar.
s.       Menalar
1.      Guru meminta siswa menuliskan contoh sikap persatuan dan kesatuan di dalam buku tulis.
t.        Mengkomunikasikan
1.      Guru meminta salah satu siswa untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok
180 menit
Kegiatan akhir
a.       Guru melakukan refleksi berkaitan dengan materi pelajaran.
b.      Guru kembali menanyakan tentang pelajaran yang telah di pelajari.
c.       Guru melakukan evaluasi.
d.      Guru memberikan tugas lanjutan berupa pekerjaan rumah terstruktur.
e.       Guru menutup dengan salam dan doa

15 menit

H.    Alat dan Sumber Belajar
1.      Buku guru kelas 4 tema 1 Indahnya Kebersamaan
2.      Buku siswa kelas 4 tema 1 Indahnya Kebersamaan
3.      Teks deskripsi tari Kipas Pakarena
4.      Contoh bangun segi beraturan dan tidak beraturan dari kertas lipat
5.      Gambar contoh kain tradisional

I.       Penilaian
Prosedur penilaian      : Proses dan hasil belajar
Jenis                            : Observasi dan tes
Bentuk instrumen       : Sikap, pengetahuan, dan keterampilan
Teknik                         : Tertulis dan lisan
Keberhasilan belajar   : Pembelajaran dikatakan berhasil apabila sama atau lebih dari 70%   dari jumlah siswa di kelas mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70.

1.      Teknik Penilaian
a.  Penilaian sikap sosial               : Kerja sama, santun, percaya diri, dan rasa ingin tahu.
b.  Penilaian pengetahuan            : Skor
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.       Penilaian sikap sosial

No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Kerjasama
Santun
Percaya diri
Rasa Ingin tahu
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.

















2.

















3.

















dst


















  Indikator Penilaian Sikap
Perubahan Tingkah Laku
Indikator
Skor
Kerjasama
· Tanggung jawab secara bersama-sama menyelesaikan pekerjaan
· Saling berkontribusi
· Pengerahan kemampuan secara maksimal
· Pembagian kerja
4 : Jika muncul 4 hal
3 : Jika muncul 3 hal
2 : Jika muncul 2 hal
1 : Jika muncul 1 hal
Santun
· Menghormati orang yang lebih tua
· Tidak berkata-kata kotor dan kasar
· Berpakaian sopan
· Menghargai pendapat orang lain
· Memberi salam setiap berjumpa dengan guru
· Tidak menyela pembicaraan
4 : Jika muncul 4 hal
3 : Jika muncul 3 hal
2 : Jika muncul 2 hal
1 : Jika muncul 1 hal
Percaya Diri
· Percaya diri mengemukakan pendapat
· Keberanian mengajukan pertanyaan
· Keberanian mengerjakan soal di depan kelas
· Tidak mencontek
4 : Jika muncul 4 hal
3 : Jika muncul 3 hal
2 : Jika muncul 2 hal
1 : Jika muncul 1 hal
Rasa Ingin Tahu
· Memperhatikan guru pada waktu menjelaskan materi
· Bertanya pada guru pada waktu ada materi yang belum jelas
· Memperhatikan guru pada waktu ia menjawab pertanyaan dari siswa
· Mencari sumber lain yang sesuai
4 : Jika muncul 4 hal
3 : Jika muncul 3 hal
2 : Jika muncul 2 hal
1 : Jika muncul 1 hal


b.      Pengetahuan
Kemampuan menyebutkan dan mengidentifikasi jenis bangun segi banyak.
No
Nama
Kemampuan
Keterangan
Menyebutkan
Identifikasi
1




2




3




4




dst.




Keterangan :
K   : Kurang (1-64)
C   : Cukup (65-69)
B   : Baik (70-89)
SB  : Sangat baik (90-100)
Kemampuan menemukan gagsan utama dan gagasan pendukung:
No
Nama
Skor
1


2


dst.


Keterangan :
K   : Kurang (1-64)
C   : Cukup (65-69)
B   : Baik (70-89)
SB  : Sangat baik (90-100)
c.        Keterampilan
Rubrik kemampuan membuat desain batik bangun segi banyak.
No
Nama
Kemampuan
Kreatifitas
Kerapian
Kebersihan
1




2




dst.





Keterangan :
K   : Kurang (1-64)
C   : Cukup (65-69)
B   : Baik (70-89)
SB  : Sangat baik (90-100)


                                                                                                  Gembongan, 23 Juli 2016
                       Guru Kelas IV                                                               Praktikan

                           Eri Artono                                                             Galih Brawijaya

                  NIP: 19631115 198903 1 007                                                          NIM: 13108244061

Tidak ada komentar:

Posting Komentar