Jumat, 30 Desember 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Kelas II/2 IPA Perubahan kenampakan bumi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD N Gembongan
Kelas/Semester            : II/2
Mata pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
Hari/Tanggal               : Senin, 9 Mei 2016

A.    Standar Kompetensi
9. Memahami perubahan kenampakan bumi dan langit

B.     Kompetensi Dasar
9.1  Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi

C.     Indikator
9.1.1 Mengidentifikasi perubahan daratan, yang disebabkan oleh air dan udara.
9.1.2 Menjelaskan penyebab perubahan pasang surut air laut dan manfaatnya bagi nelayan  dan dermaga yang dangkal.
9.1.2  Menjelaskan penyebab kebakaran hutan dan akibatnya bagi lingkungan.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah memperhatikan dan mengamati penjelasan dari guru siswa dapat menyebutkan perubahan daratan yang disebabkan oleh air dan udara.
2.      Setelah melakukan kegiatan secara berpasangan siswa dapat menjelaskan perubahan pasang surut air laut dan manfaatnya bagi manusia.
3.      Setelah melakukan kegiatan secara berpasangan siswa dapat menjelaskan penyebab kebakaran hutan dan akibatnya bagi lingkungan.

E.     Materi Pembelajaran
Perubahan kenampakan bumi

F.      Pendekatan, Model, Metode
Pendekatan : Saintific, Student Center
Model         : Cooperative learning
Metode        : Diskusi kelompok berpasangan, penugasan, tanya jawab, ceramah.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.     Siswa memulai pembelajaran dengan membaca do’a di pimpin oleh ketua kelas.
2.     Siswa memberi salam kepada guru.
3.     Siswa memperhatikan saat guru melakukan presensi
4.     Siswa memperhatikan apersepsi yang disampaikan oleh guru, yaitu tentang memancing di pantai yang dangkal.
5.     Siswa memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
10 menit
Inti
1.      Siswa mengamati gambar perubahan kenampakan bumi yang disebabkan oleh pasang surut air laut dan kebakaran hutan.
2.      Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang gambar yang telah diamati.
3.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang bentuk perubahan kenampakan bumi yang dipengaruhi oleh air laut dan kebakaran hutan.
4.      Siswa membentuk kelompok diskusi berpasangan (teman sebangku).
5.      Siswa memperhatikan saat guru menjelaskan tugas yang harus dikerjakan.
6.      Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk bertanya tentang tugas yang diberikan.
7.      Siswa mulai mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, yaitu menuliskan pengaruh dan penyebab perubahan kenampakan bumi bagi manusia dan lingkungan sekitar (hewan dan tumbuhan).
8.      Siswa diberikan kesempatan oleh guru untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok bepasangan.
9.      Siswa lain diberi kesempatan untuk bertanya ataupun menyampaikan pendapat tentang hal-hal yang telah disampaikan sebelumnnya.
10.  Siswa bersama guru memberi apresiasi berupa tepuk tangan untuk kelompok berpasangan yang berani menyampaikan hasil diskusinya.
11.  Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
12.  Siswa secara individu diminta mengerjakan soal evaluasi.
55 menit

Penutup
1.      Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan soal evaluasi.
2.      Siswa melakukan refleksi tentang kegiatan pelajaran hari ini.
3.      Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
4.      Siswa dengan guru bersama-sama menyimpulkan  materi pembelajaran.
5.      Siswa memperhatikan saat guru menyampaikan pesan moral.
6.      Salah satu siswa memimpin doa penutup pelajaran.
5        menit

H.    Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber                            :  Buku Pembelajaran IPA kelas IV semester 2
Media Pembelajaran        :  Gambar pasang surut air laut, gambar kebakaran hutan, Lembar penugasan, dan artikel.
I.       Penilaian
1. Teknik penilaian
a.       Pengamatan
b.      Tes

2. Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a. Instrumen Sikap Spiritual
b. Instrumen Sikap Sosial
b. Instrumen Pengetahuan

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian

4.    Kriteria ketuntasan minimal
a.    Sikap Spiritual   : Baik (B)
b.    Sikap Sosial       : Baik (B)
c.    Pengetahuan      : ≥ 75

5.      Bentuk isntrumen penelitian
a.  Penilaian sikap spritual

Lembar penilaian sikap spiritual: (terlampir)

Penilaian:
Penilaian terdiri 3 rubrik dan masing masing rubrik terdiri dari 4 indikator sehingga skor maksimal yang didapat adalah 12.
Pembagian total skor:
a.  10-12 : Baik Sekali (A)
b.  7-9     : Baik (B)
c.  4-6     : Cukup (C)
d.  1-3     : Kurang (D)

Rubrik penilaian:
Perubahan Tingkah Laku
Indikator
Skor
Rasa syukur
a)   Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
b)  Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
c)   Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
d)  Menjaga lingkungan sekitar
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal
Sikap do’a
a)   Tenang saat diminta untuk berdoa.
b)  Menundukkan kepala saat berdoa.
c)   Tidak mengganggu teman yang lain saat berdoa.
d)  Mengucapkan salam setelah selesai berdoa.
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal

Menghargai
a)   Memberi pujian terhadap karya teman
b)  Memberikan ucapan selamat kepada teman yang berprestasi.
c)   Menjaga hasil karya teman yang di pajang di dalam kelas.
d)  Memberi applause kepada teman yang berhasil.
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal



b.      Penilaian sikap sosial

Lembar penilaian sikap sosial : (terlampir)

Penilaian:
Penilaian terdiri 4 rubrik dan masing masing rubrik terdiri dari 4 indikator sehingga skor maksimal yang didapat adalah 16.
Pembagian total skor:
a.  13-16 : Baik Sekali (A)
b.  9-12   : Baik (B)
c.  5-8     : Cukup (C)
d.  1-4     : Kurang (D)

Rubrik/Indikator Penilaian Sikap
Perubahan Tingkah Laku
Indikator
Skor
Kerjasama
a)    Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
b)   Aktif dalam kerja kelompok
c)    Melaksanakan pembagian tugas di dalam kelompok
d)   Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal

Tanggung jawab
a)    Melaksanakn tugas kelompok dengan baik
b)   Tidak menyalahkan orang lain untuk kesalahan tindakan kita sendiri
c)    Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh atau diminta
d)   Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal

Disiplin
a)    Datang tepat waktu
b)   Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/sekolah
c)    Mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
d)   Mengumpulkan tugas paling lambat 10 menit setelah diperintahkan
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal

Peduli
a)    Siswa menolong temannya yang kesulitan
b)   Siswa membersihkan ruang kelas secara rutin.
c)    Siswa melakukan kebiasaaan membuang sampah pada tempatnya.
d)   Siswa melakukan kebiasaan cuci tangan setelah kegiatan.

4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal


Skor total yang diperoleh:  Skor sikap spiritual + Skor sikap sosial
                                                                           2
Skor maksimal yang didapat : 20
Pembagian keterangan nilai:
a)      Baik sekali  (A) : 16-20
b)      Baik            (B)  : 11-15
c)      Cukup         (C) : 6-10
d)     Kurang        (D) : 1-5


c.       Penilaian produk
1)      Penilaian LKS
Di dalam lembar kerja siswa, siswa diminta untuk menarik kesimpulan dan mempresentasikan hasil diskusi berpasangan mereka. Maka dari itu penilaian dilihat dari 2 aspek utama, yaitu keterampilan mempresentasikan dan kognitif siswa dalam menarik kesimpulan. Berikut ini rubrik penilaian kedua aspek tersebut dengan skor maksimal yang diperoleh adalah 8.
No
Aspek Penilaian
Skor
1
Kognitif
1.      Siswa dapat menuliskan masing-masing lebih dari 3 sebab akibat dari pasang surut air laut.
2.      Siswa dapat menuliskan masing-masing lebih dari 3 sebab akibat dari kebakaran hutan.
Perincian aspek
1.      Sebab
2.      Akibat
·         Skor 4 jika memenuhi kedua aspek
·         Skor 3 jika hanya memenuhi satu aspek
·         Skor 2 jika kedua aspek belum terpenuhi
·         Skor 1 jika siswa tidak mengerjakan

Keterampilan
1.      Siswa dapat menjelaskan kembali materi saat melakukan presentasi dengan baik benar dan jelas.
2.      Siswa dapat menyampaikan materi dengan percaya diri tanpa ada keraguan.
·         Skor 4 jika memenuhi kedua aspek
·         Skor 3 jika hanya memenuhi satu aspek
·         Skor 2 jika kedua aspek belum terpenuhi
·         Skor 1 jika siswa tidak mengerjakan

2)      Penilaian Evaluasi Pembelajaran
Penilaian evaluasi pembelajaran dilakukan dengan instrumen soal tes uraian dengan materi yang telah dijelaskan dan dipelajari sebelumnnya. Rubrik penilaian dari soal tes uraian adalah sebagai berikut dengan skor maksimal 10.
No Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Penyebab pasang surut air laut adalah pengaruh gravitasi bulan, matahari, dan bumi.
·         Skor 2 bila sesuai kunci jawaban.
·         Skor 1 bila tidak sesuai dengan kunci jawaban.
2
1.      Pembangkit listrik
2.      Lalu lintas kapal di dermaga
3.      Penghasil garam
4.      Kegiatan wisata
·         Skor 2 bila mampu menyebutkan 3 atau lebih kunci jawaban.
·         Skor 1 bila mampu menyebutkan kurang dari 3 kunci jawaban.
3
1.      Petir
2.      Pergesekan kayu
3.      Letusan gunung berapi
4.      Panas matahari dan kemarau panjang
·         Skor 3 bila mampu menyebutkan 3 atau lebih kunci jawaban.
·         Skor 1 bila mampu menyebutkan kurang dari 3 kunci jawaban.
4
Kebakaran huatan dapat mengakibatkan polusi udara, kabut asap, kerusakan hutan, dan kesehatan lingkungan.
·         Skor 3 jika mampu mnjelaskan dengan bahasa yang jelas dan sesuai dengan kunci jawaban (minimal kesesuaian 75%).
·         Skir 1 jika menjelaskan dengan bahasa yang kurang jelas dan kurang sesuai dengan kunci jawaban (dibawah 75%).

Skor total yang diperoleh : Skor LKS + Skor Evaluasi
                                                              2
Skor maksimal yang diperoleh : 9
Pembagian skala skor :
1)      Baik Sekali (A)   : 9
2)      Baik            (B)   : 7-8
3)      Cukup         (C)   : 4-6
4)      Kurang        (D)  : 1-3



                                                                                                                           Gembongan, 9 Mei 2016
                                    Guru Kelas IV                                                                               Praktikan



                                    ERI ARTANTO                                                                      Galih Brawijaya

               NIP: 19631115 198903 1 007                                                        NIM: 13108244061

Tidak ada komentar:

Posting Komentar