Senin, 09 November 2015

Contoh: RPP KTSP IPS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP KTSP)

Sekolah                 :
Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester     : VI/II
Alokasi Waktu      : 2 x 35 menit

A.     Standar Kompetisi
Memahami peran bangsa Indonesia di era global
B.     Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
C.     Indikator
3.2.1  Mengetahui definisi ekspor dan impor
3.2.2  Mengetahui kegiatan dan manfaat ekspor impor di negara Indonesia
3.2.3  Mengenal produk ekspor dan impor di negara Indonesia
D.     Tujuan
a.       Setelah mendengar penjelasan dari guru siswa dapat mengetahui pengertian kegiatan ekspor dan impor dengan benar.
b.      Setelah mendengar penjelasan dari guru siswa dapat mengetahui kegiatan dan manfaat dari ekspor impor dengan benar.
c.       Setelah melihat contoh dan penjelasan dari guru siswa dapat mengetahui produk  ekspor dan impor di negara Indonesia dengan benar.
E.      Materi
a.       Pengertian ekspor dan impor
b.      Kegiatan ekspor dan impor
c.       Manfaat ekspor dan impor
d.      Produk ekspor dan impor
F.      Pendekatan Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran kooperative learning diselingi dengan ceramah eksplorasi dan penarikan kesimpulan mandiri serta diikuti dengan prinsip pendekatan student centered.
G.     Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Awal
1.      Guru membuka dengan salam dan doa
2.      Guru melakukan presensi
3.      Guru menanyakan persiapan siswa
4.      Guru melakukan apersepsi berkaitan dengan materi pembelajaran
5.      Guru memberikan motivasi kepada siswa
b.      Kegiatan Inti
1.      Guru menjelaskan tentang ekspor dan impor
2.      Guru dan siswa bersama sama melakukan tanya jawab tentang kegiatan ekspor dan impor
3.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil
4.      Guru menjelaskan tentang tujuan dari pembentukan kelompok
5.      Guru meminta siswa untuk mengerjakan LKS yang diberikan
6.      Guru melakukan bimbingan saat siswa mengerjakan LKS
7.      Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil dari diskusi
8.      Guru dan siswa bersama membuat kesimpulan dari hasil diskusi
c.       Kegiatan Akhir
1.      Guru melakukan refleksi berkaitan dengan materi pelajaran
2.      Guru kembali menanyakan tentang pelajaran yang telah di pelajari
3.      Guru melakukan evaluasi
4.      Guru memberikan tugas
5.      Guru menutup dengan salam dan doa
H.     Alat dan Sumber Belajar
a.       Buku ajar kelas 6
b.      Lembar LKS
c.       Foto dan contoh benda
I.        Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
§  Mengetahui definisi kegiatan ekspor dan impor
§  Menemutunjukkan barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia
§  Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri
§  Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri
Tertulis







Jawaban singkat

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* baik
* cukup
* kurang

* baik
* cukup
* kurang
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






  






CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
                 Mengetahui                                                                        
               Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


        ..................................                                              ..................................
        NIP :                                                                                      NIP :





3 komentar: