RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP KTSP)
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS)
Kelas/Semester : VI/II
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetisi
Memahami peran bangsa Indonesia di era global
B. Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal ekspor dan impor di Indonesia sebagai
kegiatan ekonomi antar bangsa
C. Indikator
3.2.1
Mengetahui definisi ekspor dan impor
3.2.2
Mengetahui kegiatan dan manfaat ekspor impor di negara Indonesia
3.2.3
Mengenal produk ekspor dan impor di negara Indonesia
D. Tujuan
a.
Setelah
mendengar penjelasan dari guru siswa dapat mengetahui pengertian kegiatan
ekspor dan impor dengan benar.
b.
Setelah
mendengar penjelasan dari guru siswa dapat mengetahui kegiatan dan manfaat dari
ekspor impor dengan benar.
c.
Setelah
melihat contoh dan penjelasan dari guru siswa dapat mengetahui produk ekspor dan impor di negara Indonesia dengan
benar.
E. Materi
a.
Pengertian
ekspor dan impor
b.
Kegiatan
ekspor dan impor
c.
Manfaat
ekspor dan impor
d.
Produk
ekspor dan impor
F. Pendekatan Model dan Metode
Pembelajaran
1.
Model
pembelajaran kooperative learning
diselingi dengan ceramah eksplorasi dan penarikan kesimpulan mandiri serta
diikuti dengan prinsip pendekatan student
centered.
G. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
Awal
1.
Guru
membuka dengan salam dan doa
2.
Guru
melakukan presensi
3.
Guru
menanyakan persiapan siswa
4.
Guru
melakukan apersepsi berkaitan dengan materi pembelajaran
5.
Guru
memberikan motivasi kepada siswa
b.
Kegiatan
Inti
1.
Guru
menjelaskan tentang ekspor dan impor
2.
Guru
dan siswa bersama sama melakukan tanya jawab tentang kegiatan ekspor dan impor
3.
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil
4.
Guru
menjelaskan tentang tujuan dari pembentukan kelompok
5.
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan LKS yang diberikan
6.
Guru
melakukan bimbingan saat siswa mengerjakan LKS
7.
Guru
meminta siswa untuk mempresentasikan hasil dari diskusi
8.
Guru
dan siswa bersama membuat kesimpulan dari hasil diskusi
c.
Kegiatan
Akhir
1.
Guru
melakukan refleksi berkaitan dengan materi pelajaran
2.
Guru
kembali menanyakan tentang pelajaran yang telah di pelajari
3.
Guru
melakukan evaluasi
4.
Guru
memberikan tugas
5.
Guru
menutup dengan salam dan doa
H. Alat dan Sumber Belajar
a.
Buku
ajar kelas 6
b.
Lembar
LKS
c.
Foto
dan contoh benda
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
§ Mengetahui definisi kegiatan ekspor dan impor
§ Menemutunjukkan barang yang diekspor dan
diimpor oleh Indonesia
§ Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan
pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri
§ Menunjukkan manfaat adanya pertukaran
barang antara Indonesia dan Luar negeri
|
Tertulis
|
Jawaban singkat
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
baik
*
cukup
*
kurang
*
baik
*
cukup
*
kurang
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
bagus...mohon nyuplik ya?
BalasHapussilahkan om
BalasHapussilahkan om
BalasHapus