Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tematik
Sekolah : SD N Gembongan
Kelas/Semester :
IV/1
Tema : 1 Indahnya Kebersamaan
Sub
Tema : 1 Keberagaman Budaya Bangsaku
Alokasi
waktu : 1 x Pertemuan
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukan
prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
3.1
Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
lisan, tulis, atau visual.
4.1
Menata informasi yang didapat dari teks
berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Matematika
3.8 Menjalankan segi banyak beraturan dan segi
banyak tidak beraturan.
4.8
Mengidentifikasi segi banyak beraturan
dan segi banyak tidak beraturan.
PPKn
3.4
Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
4.4
Berkerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial dan
budaya di Indonesia yang terikat peraturan dan kesatuan.
C.
Indikator
Bahasa
Indonesia
3.1.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan
pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca.
4.1.1 Menyusun gagasan pokok dan gagasan pendukung
dari tek yang dibaca menjadi kerangka tulisan.
Matematika
3.8.2 Menyebutkan contoh segi banyak beraturan dan
segi banyak tidak beraturan di lingkungan
4.8.2 Menunjuk perbedaan segi banyak beraturan
dan tidak beraturan
PPKn
3.4.2 Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan
kesatuan dalam keberagaman
4.4.2 Menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan
kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
siswa melakukan pengamatan, siswa mampu memberikan contoh segi banyak beraturan
dan segi banyak tidak beraturan dengan benar.
2. Setelah
bereksplorasi, siswa mampu menunjukkan perbedaan segi banyak beraturan dan
tidak beraturan dengan benar.
3. Setelah
membaca teks, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap
paragraf teks yang dibaca dengan terstruktur.
4. Setelah
membaca teks, siswa mampu menyusun gagasan pokok dan gagasan pendukung dari
teks yang dibaca menjadi kerngka tulisan dengan sistematis.
5. Setelah
melakukan demonstrasi, siswa mampu menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan
kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.
6. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan
dalam keberagaman di lingkungan dengan benar.
E.
Materi
Pembelajaran
1. Segi
banyak beraturan dan tidak beraturan
2. Menulis
gagasan pokok dan gagasan pendukung
3. Sikap
persatuan dan kesatuan
F.
Pendekatan,
Model, Metode
Pendekatan
: Saintific, Student Center
Model : Cooperative
learning (Kelompok Berpasangan), PAKEM
Metode : Diskusi kelompok, penugasan, tanya
jawab, ceramah, dan Example non Example.
G.
Langkah-langakah
Pembelajaran
Kegiatan awal
|
a. Guru
membuka dengan salam dan doa.
b. Guru
melakukan presensi.
c. Guru
menanyakan persiapan siswa.
d. Guru
melakukan apersepsi berkaitan dengan materi pembelajaran.
Apersepsi
di lakukan dengan menceritakan kain batik yang dimiliki guru.
e. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Kegiatan
1
a. Mengamati
1. Guru
menunjukkan beberapa gambar tentang kain tradisional.
2. Guru
mengajak siswa untuk mengamati bentuk
bangun segi banyak beraturan dan tidak beraturan yang terdapat dalam gambar
kain tradisional.
b. Menanya
1. Guru
mengajak siswa untuk bertanya jawab tentang segi banyak beraturan dan tidak
beraturan.
c. Mencari
informasi
1. Guru
membagi siswa dalam kelompok berpasangan.
2. Guru
membagikan kertas lipat berbentuk segitika sama sisi dan segitiga sembarang.
3. Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasikan bentuk segi banyak beraturan dan
tidak beraturan .
4. Guru
meminta siswa untuk menentukan besar sudut dengan cara memotong dan
menempelkaannya di bagian sudut yang lain.
d. Menalar
1.
Guru meminta siswa untuk
menuliskan hasil identifikasi siswa dalam kolom yang telah disediakan.
e. Mengkomunikasikan
1. Guru
meminta siswa untuk menyimpulkan mana segi banyak beraturan dan segi banyak
tidak beraturan.
2. Guru
meminta siswa untuk mengelompokkan segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
Kegiatan
2
f. Mengamati
1. Guru
dibantu siswa membagikan soal latihan.
2. Guru
meminta siswa untuk mengamati setiap gambar bagun segi banyak yang terdapat
dalam soal.
g. Menanya
1. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang tidak
dipahami.
h. Mencari
informasi
1. Guru
meminta siswa mengerjakan soal yang telah diberikan dengan cara
mengelompokkan setiap bangun segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
i.
Menalar
1. Guru
meminta siswa menggambar desain batik yang tersususn dari bangun segi banyak.
j.
Mengkomunikasikan
1. Guru
meminta salah siswa untuk mendiskusikan hasil kerja bersama teman sebangku.
2. Guru
meminta siswa untuk mengumpulkan hasil jawaban soal latihan.
Kegiatan
3
k. Mengamati
1. Guru
membagi anak dalam kelompok berpasangan.
2. Guru
membagikan lembar teks deskripsi tetang tari kipas pakarena.
3. Guru
menjelaskan tujuan memberikan teks deskripsi tentang tari kipas pakarena.
l.
Menanya
1. Guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang kurang
dimengerti.
m. Mencari
informasi
1. Guru
meminta siswa untuk membaca teks deskripsi yang diberikan.
2. Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi gagasan utama dan gagasan pendukung dalam
setiap paragraf
n. Menalar
1. Guru
meminta siswa untuk menuliskan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap
paragraf
o. Mengkomunikasikan
1. Guru
meminta perwakilan salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi.
Kegiatan
4
p. Mengamati
1. Guru
meminta siswa untuk memperhatikan ketika guru mendesmonstrasikan makna dari
persatuan dan kesatuan.
q. Menanya
1. Guru
bersama siswa melakukan tanya jawab tentang persatuan dan kesatuan.
r.
Mencari informasi
1. Guru
membagi siswa dalam kelompok berpasangan.
2. Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan contoh sikap persatuan dan kesatuan yang
terdapat dilingkungan sekitar.
s. Menalar
1. Guru
meminta siswa menuliskan contoh sikap persatuan dan kesatuan di dalam buku
tulis.
t.
Mengkomunikasikan
1. Guru
meminta salah satu siswa untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok
|
180 menit
|
Kegiatan akhir
|
a. Guru
melakukan refleksi berkaitan dengan materi pelajaran.
b. Guru
kembali menanyakan tentang pelajaran yang telah di pelajari.
c. Guru
melakukan evaluasi.
d. Guru
memberikan tugas lanjutan berupa pekerjaan rumah terstruktur.
e. Guru
menutup dengan salam dan doa
|
15 menit
|
H.
Alat
dan Sumber Belajar
1. Buku
guru kelas 4 tema 1 Indahnya Kebersamaan
2. Buku
siswa kelas 4 tema 1 Indahnya Kebersamaan
3. Teks
deskripsi tari Kipas Pakarena
4. Contoh
bangun segi beraturan dan tidak beraturan dari kertas lipat
5. Gambar
contoh kain tradisional
I.
Penilaian
Prosedur penilaian : Proses dan hasil belajar
Jenis : Observasi dan tes
Bentuk instrumen : Sikap, pengetahuan, dan keterampilan
Teknik : Tertulis dan lisan
Keberhasilan belajar : Pembelajaran dikatakan berhasil apabila
sama atau lebih dari 70% dari jumlah siswa di kelas mencapai kriteria ketuntasan
minimal (KKM) yaitu 70.
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
sikap sosial : Kerja sama,
santun, percaya diri, dan rasa ingin tahu.
b. Penilaian
pengetahuan : Skor
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian sikap sosial
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Kerjasama
|
Santun
|
Percaya diri
|
Rasa Ingin tahu
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator Penilaian Sikap
Perubahan Tingkah Laku
|
Indikator
|
Skor
|
Kerjasama
|
·
Tanggung jawab secara bersama-sama menyelesaikan
pekerjaan
·
Saling berkontribusi
·
Pengerahan kemampuan secara maksimal
·
Pembagian
kerja
|
4
: Jika muncul 4 hal
3
: Jika muncul 3 hal
2
: Jika muncul 2 hal
1
: Jika muncul 1 hal
|
Santun
|
·
Menghormati orang yang lebih tua
·
Tidak berkata-kata kotor dan kasar
·
Berpakaian sopan
·
Menghargai pendapat orang lain
·
Memberi salam setiap berjumpa dengan guru
·
Tidak menyela pembicaraan
|
4
: Jika muncul 4 hal
3
: Jika muncul 3 hal
2
: Jika muncul 2 hal
1
: Jika muncul 1 hal
|
Percaya
Diri
|
· Percaya diri mengemukakan pendapat
· Keberanian
mengajukan pertanyaan
· Keberanian
mengerjakan soal di depan kelas
· Tidak mencontek
|
4
: Jika muncul 4 hal
3
: Jika muncul 3 hal
2
: Jika muncul 2 hal
1
: Jika muncul 1 hal
|
Rasa Ingin Tahu
|
·
Memperhatikan guru pada waktu menjelaskan materi
·
Bertanya pada guru pada waktu ada materi
yang belum jelas
·
Memperhatikan guru pada waktu ia menjawab
pertanyaan dari siswa
·
Mencari sumber lain yang sesuai
|
4
: Jika muncul 4 hal
3
: Jika muncul 3 hal
2
: Jika muncul 2 hal
1 : Jika muncul 1 hal
|
b. Pengetahuan
Kemampuan menyebutkan dan
mengidentifikasi jenis bangun segi banyak.
No
|
Nama
|
Kemampuan
|
Keterangan
|
|
Menyebutkan
|
Identifikasi
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
Keterangan :
K : Kurang
(1-64)
C : Cukup
(65-69)
B : Baik
(70-89)
SB : Sangat
baik (90-100)
Kemampuan menemukan gagsan utama dan gagasan pendukung:
No
|
Nama
|
Skor
|
1
|
|
|
2
|
|
|
dst.
|
|
|
Keterangan :
K : Kurang
(1-64)
C : Cukup
(65-69)
B : Baik
(70-89)
SB : Sangat
baik (90-100)
c. Keterampilan
Rubrik
kemampuan membuat desain batik bangun segi banyak.
No
|
Nama
|
Kemampuan
|
||
Kreatifitas
|
Kerapian
|
Kebersihan
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
Keterangan :
K : Kurang
(1-64)
C : Cukup
(65-69)
B : Baik
(70-89)
SB : Sangat
baik (90-100)
Gembongan, 23 Juli 2016
Guru Kelas IV
Praktikan
Eri Artono
Galih Brawijaya
NIP:
19631115 198903 1 007
NIM: 13108244061
Tidak ada komentar:
Posting Komentar