RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD N Gembongan
Kelas/Semester :
II/2
Mata
pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
Hari/Tanggal : Senin, 9 Mei 2016
A. Standar
Kompetensi
9.
Memahami perubahan kenampakan bumi dan langit
B. Kompetensi
Dasar
9.1 Mendeskripsikan
perubahan kenampakan bumi
C. Indikator
9.1.1
Mengidentifikasi perubahan daratan, yang disebabkan oleh air dan udara.
9.1.2 Menjelaskan penyebab
perubahan pasang surut air laut dan manfaatnya bagi nelayan dan dermaga yang dangkal.
9.1.2 Menjelaskan penyebab kebakaran hutan dan
akibatnya bagi lingkungan.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
memperhatikan dan mengamati penjelasan dari guru siswa dapat menyebutkan
perubahan daratan yang disebabkan oleh air dan udara.
2. Setelah
melakukan kegiatan secara berpasangan siswa dapat menjelaskan perubahan pasang
surut air laut dan manfaatnya bagi manusia.
3. Setelah
melakukan kegiatan secara berpasangan siswa dapat menjelaskan penyebab
kebakaran hutan dan akibatnya bagi lingkungan.
E. Materi
Pembelajaran
Perubahan
kenampakan bumi
F. Pendekatan,
Model, Metode
Pendekatan
: Saintific, Student Center
Model : Cooperative
learning
Metode : Diskusi kelompok berpasangan,
penugasan, tanya jawab, ceramah.
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa
memulai pembelajaran dengan membaca do’a di pimpin oleh ketua kelas.
2. Siswa
memberi salam kepada guru.
3. Siswa memperhatikan
saat guru melakukan presensi
4. Siswa memperhatikan
apersepsi yang disampaikan oleh guru, yaitu tentang memancing di pantai yang
dangkal.
5. Siswa memperhatikan
tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar perubahan kenampakan bumi yang
disebabkan oleh pasang surut air laut dan kebakaran hutan.
2.
Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang gambar
yang telah diamati.
3.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang bentuk
perubahan kenampakan bumi yang dipengaruhi oleh air laut dan kebakaran hutan.
4.
Siswa membentuk kelompok diskusi berpasangan (teman
sebangku).
5.
Siswa memperhatikan saat guru menjelaskan tugas yang
harus dikerjakan.
6.
Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk bertanya
tentang tugas yang diberikan.
7.
Siswa mulai mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru,
yaitu menuliskan pengaruh dan penyebab perubahan kenampakan bumi bagi manusia
dan lingkungan sekitar (hewan dan tumbuhan).
8.
Siswa diberikan kesempatan oleh guru untuk menyampaikan
hasil diskusi kelompok bepasangan.
9.
Siswa lain diberi kesempatan untuk bertanya ataupun
menyampaikan pendapat tentang hal-hal yang telah disampaikan sebelumnnya.
10.
Siswa bersama guru memberi apresiasi berupa tepuk
tangan untuk kelompok berpasangan yang berani menyampaikan hasil diskusinya.
11.
Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
12.
Siswa secara individu diminta mengerjakan soal
evaluasi.
|
55
menit
|
Penutup
|
1. Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaan soal evaluasi.
2. Siswa
melakukan refleksi tentang kegiatan pelajaran hari ini.
3. Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
4. Siswa
dengan guru bersama-sama menyimpulkan
materi pembelajaran.
5. Siswa
memperhatikan saat guru menyampaikan pesan moral.
6. Salah
satu siswa memimpin doa penutup pelajaran.
|
5
menit
|
H. Sumber
dan Media Pembelajaran
Sumber : Buku Pembelajaran IPA kelas IV semester 2
Media
Pembelajaran : Gambar pasang surut air laut, gambar
kebakaran hutan, Lembar penugasan, dan artikel.
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a.
Pengamatan
b.
Tes
2. Instrumen
penilaian dan pedoman penskoran
a. Instrumen
Sikap Spiritual
b. Instrumen
Sikap Sosial
b. Instrumen
Pengetahuan
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran
remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian
4.
Kriteria
ketuntasan minimal
a.
Sikap
Spiritual : Baik (B)
b.
Sikap
Sosial : Baik (B)
c.
Pengetahuan : ≥ 75
5.
Bentuk isntrumen penelitian
a. Penilaian
sikap spritual
Lembar penilaian sikap spiritual:
(terlampir)
Penilaian:
Penilaian
terdiri 3 rubrik dan masing masing rubrik terdiri dari 4 indikator sehingga
skor maksimal yang didapat adalah 12.
Pembagian total
skor:
a. 10-12 : Baik Sekali (A)
b. 7-9
: Baik (B)
c. 4-6
: Cukup (C)
d. 1-3
: Kurang (D)
Rubrik penilaian:
Perubahan Tingkah Laku
|
Indikator
|
Skor
|
Rasa syukur
|
a)
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
b) Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
c)
Memberi salam sebelum
dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
d) Menjaga lingkungan sekitar
|
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal
|
Sikap do’a
|
a) Tenang
saat diminta untuk berdoa.
b) Menundukkan
kepala saat berdoa.
c) Tidak
mengganggu teman yang lain saat berdoa.
d) Mengucapkan
salam setelah selesai berdoa.
|
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal
|
Menghargai
|
a) Memberi
pujian terhadap karya teman
b) Memberikan
ucapan selamat kepada teman yang berprestasi.
c) Menjaga
hasil karya teman yang di pajang di dalam kelas.
d) Memberi
applause kepada teman yang berhasil.
|
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal
|
b.
Penilaian
sikap sosial
Lembar
penilaian sikap sosial : (terlampir)
Penilaian:
Penilaian
terdiri 4 rubrik dan masing masing rubrik terdiri dari 4 indikator sehingga
skor maksimal yang didapat adalah 16.
Pembagian total
skor:
a. 13-16 : Baik Sekali (A)
b. 9-12
: Baik (B)
c. 5-8
: Cukup (C)
d. 1-4
: Kurang (D)
Rubrik/Indikator Penilaian Sikap
Perubahan Tingkah Laku
|
Indikator
|
Skor
|
Kerjasama
|
a)
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
b)
Aktif dalam kerja kelompok
c)
Melaksanakan pembagian tugas di dalam kelompok
d)
Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan
|
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal
|
Tanggung jawab
|
a)
Melaksanakn tugas kelompok dengan baik
b)
Tidak menyalahkan orang lain untuk kesalahan tindakan kita sendiri
c)
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh atau diminta
d)
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal
|
Disiplin
|
a)
Datang
tepat waktu
b)
Patuh pada
tata tertib atau aturan bersama/sekolah
c)
Mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
d)
Mengumpulkan
tugas paling lambat 10 menit setelah diperintahkan
|
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal
|
Peduli
|
a)
Siswa menolong temannya yang kesulitan
b)
Siswa membersihkan ruang kelas secara rutin.
c)
Siswa melakukan kebiasaaan membuang sampah
pada tempatnya.
d)
Siswa melakukan kebiasaan cuci tangan
setelah kegiatan.
|
4 : Jika terlihat 4 hal
3 : Jika terlihat 3 hal
2 : Jika terlihat 2 hal
1 : Jika terlihat 1 hal
|
Skor total yang diperoleh: Skor sikap spiritual + Skor sikap sosial
2
Skor maksimal yang didapat : 20
Pembagian keterangan nilai:
a) Baik
sekali (A) : 16-20
b) Baik (B) : 11-15
c) Cukup
(C) : 6-10
d) Kurang
(D) : 1-5
c. Penilaian
produk
1) Penilaian
LKS
Di
dalam lembar kerja siswa, siswa diminta untuk menarik kesimpulan dan
mempresentasikan hasil diskusi berpasangan mereka. Maka dari itu penilaian
dilihat dari 2 aspek utama, yaitu keterampilan mempresentasikan dan kognitif
siswa dalam menarik kesimpulan. Berikut ini rubrik penilaian kedua aspek
tersebut dengan skor maksimal yang diperoleh adalah 8.
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
1
|
Kognitif
1.
Siswa dapat menuliskan masing-masing lebih dari 3
sebab akibat dari pasang surut air laut.
2.
Siswa dapat menuliskan masing-masing lebih dari 3
sebab akibat dari kebakaran hutan.
Perincian
aspek
1.
Sebab
2.
Akibat
|
·
Skor 4 jika memenuhi kedua aspek
·
Skor 3 jika hanya memenuhi satu aspek
·
Skor 2 jika kedua aspek belum terpenuhi
·
Skor 1 jika siswa tidak mengerjakan
|
|
Keterampilan
1.
Siswa dapat menjelaskan kembali materi saat
melakukan presentasi dengan baik benar dan jelas.
2.
Siswa dapat menyampaikan materi dengan percaya
diri tanpa ada keraguan.
|
·
Skor 4 jika memenuhi kedua aspek
·
Skor 3 jika hanya memenuhi satu aspek
·
Skor 2 jika kedua aspek belum terpenuhi
·
Skor 1 jika siswa tidak mengerjakan
|
2) Penilaian
Evaluasi Pembelajaran
Penilaian
evaluasi pembelajaran dilakukan dengan instrumen soal tes uraian dengan materi
yang telah dijelaskan dan dipelajari sebelumnnya. Rubrik penilaian dari soal
tes uraian adalah sebagai berikut dengan skor maksimal 10.
No Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Penyebab
pasang surut air laut adalah pengaruh gravitasi bulan, matahari, dan bumi.
|
·
Skor 2 bila sesuai kunci jawaban.
·
Skor 1 bila tidak sesuai dengan kunci jawaban.
|
2
|
1.
Pembangkit listrik
2.
Lalu lintas kapal di dermaga
3.
Penghasil garam
4.
Kegiatan wisata
|
·
Skor 2 bila mampu menyebutkan 3 atau lebih kunci
jawaban.
·
Skor 1 bila mampu menyebutkan kurang dari 3 kunci
jawaban.
|
3
|
1.
Petir
2.
Pergesekan kayu
3.
Letusan gunung berapi
4.
Panas matahari dan kemarau panjang
|
·
Skor 3 bila mampu menyebutkan 3 atau lebih kunci
jawaban.
·
Skor 1 bila mampu menyebutkan kurang dari 3 kunci
jawaban.
|
4
|
Kebakaran
huatan dapat mengakibatkan polusi udara, kabut asap, kerusakan hutan, dan
kesehatan lingkungan.
|
·
Skor 3 jika mampu mnjelaskan dengan bahasa yang
jelas dan sesuai dengan kunci jawaban (minimal kesesuaian 75%).
·
Skir 1 jika menjelaskan dengan bahasa yang kurang
jelas dan kurang sesuai dengan kunci jawaban (dibawah 75%).
|
Skor total yang diperoleh : Skor LKS + Skor
Evaluasi
2
Skor maksimal yang diperoleh : 9
Pembagian skala skor :
1) Baik
Sekali (A) : 9
2) Baik (B)
: 7-8
3) Cukup (C)
: 4-6
4) Kurang (D)
: 1-3
Gembongan, 9 Mei 2016
Guru Kelas
IV
Praktikan
ERI ARTANTO Galih Brawijaya
NIP: 19631115 198903 1 007 NIM: 13108244061
Tidak ada komentar:
Posting Komentar